Peringatan Hari Lingkungan Hidup; Hubungan Antara Lingkungan dan Manusia

Samarinda – Manusia adalah makhluk yang paling sempurna diantara makhluk di muka bumi ini sehingga manusia mempunyai tanggung jawab terhadap segala isi Bumi.
Manusia juga ketika tinggal di sebuah lingkungan harus membutuhkan rasa nyaman. Rasa nyaman ini membuat manusia betah tinggal di komunitasnya karena sehari-hari dia berinteraksi dengan lingkungan tersebut. Untuk itu seharusnya lingkungan tempat tinggal manusia tadi dibuat dan dikelola dengan sebaik mungkin sehingga terjadi keberlangsungan sesama ekosistem yang ada.

Hubungan antara Lingkungan dan Manusia adalah sebagai pengaruh untuk pendukung kehidupan. Beberapa unsur yang menyusun sistem pendukung kehidupan seperti Energi, Geofisika, Biologi, Lingkungan Buatan, dan Unsur sosial.

dprdsmd ads

Energi adalah unsur utama dalam sistem pendukung kehidupan dikarenakan energi matahari dikonvensikan menjadi bahan makanan pada tumbuhan dalam proses fotosintesis, berupa energi kimia yang dimanfaatkan oleh tanaman yang bersangkutan atau oleh manusia dan kehidupan lainnya.

Unsur Geofisika termasuk udara, air, dan lingkungan tanah menyusun sub-sistem tersendiri. udara normal yang mengandung 21 % oksigen dan 78 % nitrogen merupakan kodisi yang memungkinkan manusia hidup dengan normal. Air merupakan kebutuhan oleh tanaman, binatang serta manusia. Kelangsungan hidup manusia juga sangat tergantung pada air, baik kebutuhan secara langsung maupun kebutuhan lainnya, seperti pertanian, peternakan, industri, transportasi dll.

Unsur Biologis yang ikut membentuk sistem pendukung kehidupan adalah semua bentuk kehidupan yang bisa dimanfaatkan dalam pemenuhan energi maupun pemanfaatan mikroorganisme dalam berbagai industri, peternakan dan sebagainya.6

Dalam kehidupan perkotaan sangat tidak mungkin mengandalkan lingkungan hidup secara alami untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya, sehingga perlu lingkungan buatan. Lingkungan buatan ini seperti penyiadaan air bersih, pembuangan sampah, pengolahan makanan, perumahan, tempat kerja, fasilitasi rekreasi, sarana komunikasi dan transportasi. Dalam lingkungan buatan ini sebagai modivikasi lingkungan agar tidak terjadi kesalahan atau dampak negatif yang menambah gangguan lingkungan.

Unsur lingkungan sosial sebagai penunjang dua sisi kehidupan baik diperkotaan maupun dipedesaan yang secara psikologis perlu dibentuk suatu keseimbangan yang saling menguntungkan sehingga tercapai bentuk kehidupan yang berkualitas dalam bentuk kesejahteraan yang adil dan merata.

Gangguan lingkungan terhadap manusia ada yang bersifat alami, tetapi banyak pula yang disebabkan oleh kegiatan manusia. Dan banyak sekali gangguan lingkungan terhadap manusia ketika lingkungan7 mengalami kerusakan maupun pencemaran dan itupun kebanyakan ulah dari manusia sendiri sehingga hal itu terjadi. sebagai contoh membuang sampah tidak pada tempatnya (sembarangan). Dari gangguan tersebut dapat mengakibatkan dampak negativ terhadap manusia seperti Banjir, longsong, gempa bumi dll.

Sehinggal dalam peringatan hari Lingkungan Hidup ini yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, semoga dalam tulisan ini bisa memberi kesadaran terhadap masyarakat bahwa hubungan lingkungan hidup dan manusia sangat erat kaitannya.

Karena yang membutuhkan bumi adalah manusia itu sendiri, sehingga bumi tidak perlu dijaga. cukup sebagai manusia yang sadar akan pentingnya lingkungan mari kita merawat serta memelihara bumi ini dengan baik sehingga tidak terjadi dampak negativ terhadap manusia. 

*Penulis : Irwansyah (Kabid Lingkungan Hidup HMI Cabang Samarinda)