Siap Gelar debat, KPU Kaltim Pastikan Berjalan Lancar

JAKARTA – Debat publik pertama pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim akan disiarkan langsung pada stasiun televisi nasional (Metro TV) malam nanti, Rabu (25/4) pukul 19.00 wib. ini merupakan arena perang program setiap Pasangan Calon (Paslon).

Dengan Mengangkat tema umum Isu strategis dan isu mendasar untuk Kaltim, maka upaya dalam menampung aspirasi setiap Paslon harus jadi penyampai program, pada debat malam ini.

dprdsmd ads

“harapan dari tim pakar pada setiap pasangan calon, memilik grand desain pemikiran lima tahun kedepan untuk kaltim ini mau dimajukan melalui apa, persepsinya itu silahkan disampaikan pada sesi debat segmen pertama”. Ucap Syamsul Hadi komisioner KPU Kaltim saat dikonfirmasi

Untuk menunjang itu, persiapan dan rapat teknis terus dilakukan oleh KPU termasuk dengan tim pakar sebagai perumus pertanyaan melakukan koordinasi bersama moderator Andini Effendi.

“kemarin siang tim pakar juga sudah melakukan rapat teknis dengan moderator”. sebutnya

Tidak hanya itu, rapat teknis juga dilakukan kepada pasangan calon yang diwakili oleh sim sukses bahkan pihak Metro TV untuk menentukan jam kehadiran, jumlah peserta bahkan agenda dalam debat ” itu diputuskan kemarin sore dan dilanjutkan tadi malam,”

Lanjutnya lagi ,”pertanyaan yang akan diajukan itu ada 6 segmen, pertama pemaparan visi misi paslon, kemudian penajaman atau pendalaman visi misi paslon oleh moderator, selanjutnya pertanyaan dimulai kepada calon wakil gubernur, menyusul pertanyaan calon gubernur dengan calon gubernur, dan selanjutnya ada pertanyaan lemparan atau saling menanggapi antar pasangan calon dan ditutup dengan pernyataan closing masing masing pasangan calon.

Pun, Ia berharap rombongan setiap Paslon bisa hadir satu jam sebelum acara dimulai. karena agenda di mulai off air terlebih dahulu seperti pembukaan acara sebelum debat yang disiarkan secara langsung.

”pasangan calon dan pendukungya harus sudah stay jam 6 sore, karena jam 6.30 sudah close oleh pihak studio, semua harus sudah steril karena akan dimulai kegiatan of air terlebih dahulu”. harapnya

sementara pembiayaan pelaksaan Debat Publik pertama ini menghabiskan anggaran kurang lebih 700 juta, untuk satu kali tayang on air TV Nasional (Metro TV). nilai itu diluar pembiayaan rombongan KPU 5 komisioner dan sekretariat 8 orang, 6 orang dari kepolisisan, tim pakar 14 orang, 6 orang perwakilan paslon.

“perwakilan paslon yang dibiayai hanya tiket dan penginapan, tidak termasuk biaya hidup, sementara tim pakar dari 14 orang yang berkesempatan hadir hanya 9 orang,” tutupnya (fran)