Rusman Yakub Siap Maju di Pilwali Samarinda

SAMARINDA – Usai Pemilu serentak 2019, Partai politik kembali bersiap menuju Pemilukada 2020. Di Kaltim ada 9 kabupaten kota yang akan melakukan pemilihan Kepala Daerah, termasuk kota Samarinda.

Menghadapi itu, beberapa partai politik sudah melakukan persiapan, salah satunya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kalimantan Timur (Kaltim).

dprdsmd ads

Rusman Yakub, Ketua umum PPP Kaltim menuturkan, pihaknya sudah mulai melakukan komunikasi politik. bahkan pria yang kini menjabat ketua Komisi IV DPRD Kaltim menyatakan kesiapannya untuk maju pada Pilwali Kota Samarinda.

“Bagi saya, sepanjang PPP mengamanahkan dan menugaskan kepada saya atau memberi ruang kepada saya untuk berkiprah, Insya Allah saya akan mencoba memanfaatkan momentum itu,” Ucapnya saat dikonfirmasi Dikediamanya pada acara buka puasa bersama yang berlangsung di kediamannya, di Jalan Ahmad Yani, Nusantara II, Samarinda. Minggu (26/05/2019)

Namun Pileg dan Pilpres menjadi evaluasi baginya, Ia realistis dengam porolehan suara PPP yang hanya mendapatkan 2 kursi. Pihaknya akan menguatkan pada komunikasi politik.

“Melihat Pileg dan Pilpres yang baru berlangsung ini, semua kita tau hasilnya, maka kami dari PPP akan melakukan kalkulasi politik dalam rangka menuju Pilkada 2020,” ungkapnya

Secara etika politik kami akan bangun komunikasi dengan partai lain, kami sadari itu tetapi politik itu dinamis, oleh karena itu komunikasi harus intens kami lakukan,” lanjut Ia menjelaskan.

Alumnus dari Universitas Mulawarman ini juga tidak menyoalkan posisi antara Walikota atau wakil walikota, Disebutnya itu masih dalam pembahasan internal.

Mengenai koalisi pun, dirinya menyebut tidak mesti mengikuti koalisi nasional, disebutnya politik didaerah biasanya lebih cair.

“bisa saja berlokasi diluar koalisi nasional,” bebernya (Arm)