Derby d’Italia, Si Nyonya Tua Permalukan Si Ular Besar

 

Juventus sukses mengkudeta posisi Inter Milan di pucuk klasemen liga Italia pada pekan ke 7 (7/10/19).
Pertandingan berakhir dengan skor 1-2 bagi kemenangan tim tamu, menariknya ketiga gol di cetak oleh penyerang asal Argentina, yakni Paulo Dybala, Lautaro Martinez dan Gonzalo Higuain.

dprdsmd ads

Laga sarat gengsi yang bertajuk derby d’italia ini senantiasa berlangsung panas di setiap tahunnya, dan pemandangan sama tersaji dini hari tadi.

Selain aroma permusuhan yang seakan abadi oleh ke dua club raksasa Italy pasca kasus Calciopoli, kehadiran pelatih anyar Inter Milan, Antonio Conte yang notabene merupakan legenda hidup Juventus turut mempertajam konflik dan ditambah lagi persaingan di papan atas klasemen pada pekan ke-6, dimana Inter sebagai pemuncak tengah dibuntuti Juventus dengan selisih 2 poin.

Jalannya Pertandingan

Bertanding di hadapan publik Giuseppe Meazza, baik tuan rumah Il Nerazzurri (Si Biru Hitam; julukan Inter Milan) maupun tim tamu, Il Bianconeri (Si Hitam Putih; julukan Juventus) mempertontonkan permainan terbuka sejak wasit Gianluca Rocchi meniupkan peluit tanda kick off di mulai.

Tinggi nya tensi pertandingan membuat ke dua tim saling menekan, hasilnya petaka menghampiri tuan rumah di menit ke 3 saat Pjanic berhasil mengirimkan terobosan matang pada Dybala yang berhasil memperdaya penjaga gawang Inter Milan, Samir Handanovic. 0-1 skor sementara untuk tim tamu.

Selepas kebobolan, tuan rumah berusaha tampil ngotot untuk mencuri angka, namun solidnya barisan tengah Juventus masih mampu menahan aliran bola, tak mau terus-terusan di serang, Skuad Si Nyonya Tua berinisiatif mencuri peluang, dan nyaris saja, sepakan keras dari luar kotak pinalti oleh Ronaldo menambah keunggulan andai tidak membentur mistar gawang Si Ular Besar.

Jual beli serangan terus terjadi disepanjang pertandingan hingga memasuki menit ke 16, wasit Rocchi menunjuk titik putih, pinalti diberikan kepada Inter Milan setelah tangan bek muda Juventus, De Ligt dianggap menyentuh bola oleh wasit saat melakukan kontak fisik dengan penyerang Inter, Martinez yang coba memanfaatkan umpan lambung dari sisi kanan pertahanan Juventus.

Protes dilakukan, namun Rocchi tetap pada keputusan, Lautaro Martinez yang maju sebagai eksekutor tidak membuang kesempatan, meski terbaca oleh Szczesny namun bola meluncur terlalu deras dan Inter Milan menyamakan kedudukan.

Pada menit ke 40 Ronaldo sempat mencetak gol menerima umpan Dybala, meski pemain Juventus antusias merayakan, namun wasit Rocchi menganulir gol tersebut karena La Joya dianggap telah berada pada posisi offside. Skor tetap 1-1 hingga turun minum.

Pertandingan babak ke dua dilanjutkan, aliran bola tak jauh berbeda, saling menyerang, tackling dan beberapa cekcok di lapangan terjadi. Inter Milan tak mau membuang-buang kesempatan, berkali-kali serangan yang dibangun membuat barisan belakang Juventus penuh tekanan, bahkan penjaga gawang Szczesny harus jatuh bangun menjaga gawangnya dari teror pemain tuan rumah.

Menit ke 79, publik tuan rumah akhirnya kembali terdiam ketika Higuain yang masuk menggantikan Bernadeschi, berhasil menceploskan bola ke gawang Handanovic.

Berawal dari umpan pendek Ronaldo pada Dybala lalu diteruskan ke Higuain, meski dijaga 2 pemain didalam kotak pinalti, El Pipita berhasil melakukan sepakan keras ke arah gawang dan skor berubah 1-2.

Meski hingga babak injury time ke dua tim masih terus bermain ngotot mencuri gol, namun gol Higuain menjadi gol terakhir sekaligus mengunci kemenangan Juventus di kandang Inter Milan.

Alhasil kemenangan anak asuh Mauro Sarri dini hari tadi memupus harapan Romelu Lukaku dkk untuk tetap bertengger di puncak klasemen.

Dihadapan pendukung nya, Inter Milan harus merelakan pucuk klasemen di ambil alih oleh Juventus yang kini mengoleksi 19 poin sementara Inter Milan tertahan dengan 18 poin pada 7 pertandingan yang mereka mainkan.

Hasil pertandingan ini juga menambah catatat rekor kemenangan Juventus atas Inter Milan dengan jumlah kemenangan 83 berbanding 46 kemenangan Inter dari total 173 pertemuan. (As)