BMKG Prediksi Sepekan Kedepan Kaltim Diguyur Hujan

Beri.id, SAMARINDA  Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan, sebagian besar wilayah di Kalimantan Timur akan diguyur hujan selama satu minggu kedepan (11/1/2020). Hujan hingga saat ini masih mengairi beberapa wilayah di Kaltim.

“Diperkirakan dalam periode sepekan kedepan curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi akan terjadi di Kalimantan dan Sumatera,” Kata Deputi Bidang Meteorologi Drs. R. Mulyono R. Prabowo, M.Sc, di kutip dai rilis BMKG Nasional.

dprdsmd ads

BMKG memperkirakan selama sepekan kedepan beberapa wilayah di Kaltim akan di terpa hujan, dengan intensitas sedang hingga hujan lebat yang disertai kilat/petir.

Situasi ini diakibatkan oleh fenomena gelombang tropis Kelvin Wave dan Rossby Ekuatorial berkontribusi signifikan pada pembentukan pola siklonik dan pertemuan angin yang berpotensi mengakibatkan curah hujan yang intens dan tinggi di Kaltim.

Dengan intensitas hujan yang tinggi ini, diimbau kepada masyarakat agar waspada akan bencana banjir yang sewaktu-waktu dapat menimpa warga.

Sementara di kota Samarinda, Hujan telah mengguyur sejak pagi hari, yang mengakibatkan banjir di beberapa titik.

Akses masyarakat yang hendak menuju ke arah Bandara APT. Pranoto dikabarkan mengalami kesulitan untuk dapat sampai lokasi tujuan, dikarenakan di jalur poros Samarinda-Bontang tergenang banjir yang cukup tinggi. Terpaksa warga menumpang dengan mobil angkutan dengan ukuran yang lebih besar dan bahkan membatalkan penerbangannya.

Hujan dan banjir masih menggenangi kota tepian hingga saat berita ini diterbitkan (12/1/2019).

Untuk mengantisipasi bantuan dapat segera datang kelokasi banjir untuk membantu korban banjir di kota Samarinda Berikut kontak darurat yang dapat dihubungi :

– call center 021-6546315/18 (BMKG Nasional)

– Call Center 112 (Nomor Darurat Layanan Kota Samarinda)

(Esc)