Daerah  

Potensi Wisata Kutai Barat Perlu Didukung Keberadaan DPC HPI

Beri.id, SAMARINDA – Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalimantan Timur mulai mendata sejumlah potensi objek wisata di setiap wilayah di Kaltim, salah satunya dikabupaten Kutai Barat.

Hal ini dilakukan agar memudahkan HPI dalam memberikan informasi terkait destinasi wisata yang menarik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

dprdsmd ads

Awang Jumri Ketua HPI Kaltim mengatakan Kabupaten Kutai Barat menjadi salah satu destinasi pilihan wisatawan yang hendak melancong ke objek wisata yang ada di Benua Etam (red, Kalimantan Timur).

“Sejauh ini cukup banyak tamu yang minta untuk kunjungan di Kubar, itu sekarang belum terdata dan yang mereka lihat adalah Kersik Luway,” Kata Jumri.

Potensi wisata Kubar selain Jantur juga ada konservasi anggrek hitam yang berada didalam cagar alam Kersik Luway.

Jumri menyebutkan disana juga banyak lamin yang indah, selain itu juga punah tarian tradisonal hingga kini tetap menjadi bahan promosi mereka.

“Banyak sebetulnya destinasi disana yang belum kami petakan secara keseluruhan,”terangnya.

Ditengah potensi wisata yang dimilikinya, Kutai Barat belum memiliki DPC HPI. Apalagi lonjakan Wisman Eropa akan mencapai puncaknya pada bulan Juli Agustus.

“Disuatu daerah yang sangat potensi itu sayang kalau belum ada DPC. Rencana akan kita progres, sebelum sumer Eropa pada bulan Juli Agustus,”kata Jumri.

Dirinya menilai setiap daerah di Benua Etam ini memiliki karakteristik masyarakat dan objek wisata dengan pemandangan yang berbeda-beda, oleh karena itu pendataan yang akurat.

Selain itu perlu didukung dengan keberadaan setiap Cabang HPI Kaltim diberbagai daerah memiliki jualan soal objek wisatanya.

(Esc/*)