Bantu Korban Banjir, PSI Kaltim Salurkan 1.000 Kotak Makanan Siap Saji

SAMARINDA – Pengurus dan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaltim memberikan bantuan sebanyak 1.000 kotak makanan siap saji kepada warga kota Samarinda Terdampak banjir.

Aksi solidaritas itu mereka lakukan pada Sabtu (30/5/2020). Bantuan langsung disalurkan melalui BPBD kota Samarinda, karena dapur umum yang biasa melayani korban banjir telah tutup.

dprdsmd ads

“Ya hari ini kami membawa 1.000 kotak makanan siap saji untuk warga yang menjadi korban banjir. Penyaluran bantuan kami sampaikan melalui BPBD Samarinda,” sebut Ketua DPW PSI Kaltim Novita Rosalina.

Novita Rosalina memastikan aksi sosial yang ditunjukkan oleh kader partai besutan Grace Natalie dikota tepian akan terus berkelanjutan. Bukan saja saat banjir melanda, namun asebagai tanggap darurat setiap ada bencana.

“Itu akan akan menjadi giat PSI Kaltim,”katanya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kota Samarinda Hendra AH menyebutkan, hingga hari kesembilan banjir di Samarinda, masih ada warga yang membutuhkan bantuan makanan. 

Disebutnya Masih ada beberapa wilayah termasuk daerah Terong Pipit dan Griya Mukti, masih ada genangan sisa banjir.

“Untuk itu kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan dari PSI Kaltim,” sebut Hendra.

Dari pantauan BPBD Samarinda, kondisi banjir saat ini berangsur surut. Terlebih, curah hujan di Kota Samarinda tak lagi tinggi dalam beberapa hari terakhir ini.

Selain bantuan makanan, warga juga disebutnya masih membutuhkan bantuan lain seperti obat-obatan dan antiseptik untuk pembersihan pasca banjir.

Ia menilai, meski surutnya banjir berlangsung lebih cepat dari banjir yang pernah terjadi di Tahun 2019 lalu, namun tinggi debit air yang merendam hingga 12 kelurahan di Samarinda beberapa hari kemarin, lebih tinggi dari bencana banjir sebelumnya.

“Mungkin karena ada pendangkalan di Sungai Karang Mumus dan air pasang di Sungai Mahakam,” pungkasnya.

(Fran)