Gelar Bina Desa, HIMAKUA FPIK UNMUL Kenalkan Cara Pemijahan Ikan Pada Pokdakan

KUKAR – Himpunan Mahasiswa Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman (HIMAKUA FPIK UNMUL) melakukan kegiatan Aquaculture Bina Desa, pada (15/11/20).

Dengan mengusung tema “Strategi Dalam Membudidayakan Ikan”. kegiatan tersebut menyasar langsung Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Tulu Taya, Desa Badak Baru, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Rahim selaku Ketua HIMAKUA FPIK UNMUL menyampaikan, kegiatan itu merupakan bentuk implementasi yang di lakukan oleh mereka untuk bisa berperan aktif dalam membantu Pokdakan Tulu Taya dalam menjalankan segala aktivitas berbudiaya ikan.

Jelas saja, kegiatan tersebut sebagai salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat.

“ini bentuk implementasi dari keilmuan kami, untuk bagaimana bisa berperan aktif dalam membantu Pokdakan,”ungkapnya.

Dalam kegiatan Aquaculture Bina Desa ini terdapat penyampaian materi yang disampaikan oleh tiga Dosen FPIK UNMUL. Selain itu juga terdapat pelatihan pemijahan ikan lele secara buatan yang langsung diterapkan oleh HIMAKUA FPIK UNMUL.

Para mahasiswa tersebut mengenalkan secara langsung proses pembenihana ikan, melepaskan telur dan sperma untuk cara pembuahan. Asas manfaat kegiatan itu dirasakan secara langsung Pokdakan Tulu Taya. Pasalnya mereka baru mengetahui cara pemijahan ikan dari proses pelatihan itu.

Selama ini Pokdakan Tulu Taya, dalam membudidaya ikan hanya membeli bibit ikan dari luar. “harapannya sih setelah ini kami bisa menghasilkan bibit ikan sendiri,” Ucap salah satu pembudidaya ikan Tulu Taya.

Dalam kegiatan ini, Ketua Pokdakan Tulu Taya memberikan apresiasi terhadap HIMAKUA FPIK UNMUL dan berharap agar kegiatan serupa bisa berkelanjutan untuk kedepannya, karena selama ini pihaknya hanya belajar budidaya ikan secara otodidak.

“Harapannya dengan diadakan kegiatan ini, kami bisa mendapat informasi lebih mengenai cara budidaya ikan dan semoga kegiatan ini ada keberlanjutan untuk kedepannya,” Tutup Ibrahim Kamil selaku ketua Pokdakan Tulu Taya.

(Fran)

Umpan Bola Open, Quick Maupun Back Attack Mewarnai Laga Persahabatan Antara Rutan Samarinda dan Lapas Tenggarong

Terima Laporan Soal BangunanTak Indahkan GSB, Komisi I DPRD Samarinda Bakal Tinjau Lokasi