JMSI Pusat Daftar ke Dewan Pers, JMSI Kaltim Langsung Susun Program

Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Kalimantan Timur gelar pertemuan usai pendaftaran JMSI pusat

SAMARINDA – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) telah mendaftar ke Dewan Pers Senin (26/10/20). Ketua Umum JMSI Pusat Teguh Santosa didampingi Gita Wirjawan sebagai ketua dewan pembina menyerahkan dokumen pendaftaran.

Prosesi pendaftaran ke Dewan Pers disiarkan secara live melalui Zoom yang direlay dengan Facebook livestreaming disaksikan oleh 29 pengurus daerah, Senin (26/10/2020).

Pasca pendaftaran itu, langsung disusul pertemuan pengurus JMSI tiap daerah. Provinsi Kalimantan Timur menyambutnya dengan membahas program menuju akhir tahun 2020 ini.

“Hari ini kita duduk bersama membahas program ujung tahun 2020,”kata Mohammad Sukri di Kantor JMSI Kaltim, Jl. P Suryanata Samarida, Selasa (27/10/2020).

Hal yang dianggap mendesak kata dia, saat ini anggota asosiasi harus menyiapkan media online secara administratif. JMSI pusat mengarahkan agar media siber melengkapi perangkat-perangkat lembaga usaha media.

“Tidak hanya badan hukumnya, kita harus mulai menata website menjadi media profesional. Perlu mencantumkan nama PT media kita, kontak, dan alamat kantor,” ujar Sukri menjelaskan kepada rekan-rekannya.

Terkait kesejahteraan, JMSI diharapkan menjadi pendorong dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Di forum yang sama, Sekretaris JMSI Kaltim Muhammad Rusli mengarahkan agar SDM media siber di lapangan mengedepankan etika profesional sebagai pekerja media.

“Kita mengelola media ini kan menerapkan super etika. Berbeda dengan lembaga lain, kita terkadang menyimpan sesuatu yang tidak diijinkan untuk disebarluaskan. Maka etika semacam itu harus kita jaga sebagai pekerja profesional,” ujar Rusli.

JMSI Kaltim dalam waktu dekat akan menyusun program yang fokus untuk membantu anggota agar memenuhi syarat media sesuai peraturan Dewan Pers. Syarat kelembagaan, pengelola media, dan pekerja jurnalistik menjadi prioritas utama dalam penyusunan program ujung tahunnya.

Sukri yang ditunjuk pengurus pusat sebagai Ketua JMSI Kaltim menyadari akan pentingnya sosialisasi. Sederet program diagendakan Sukri untuk memperkenalkan JMSI di lingkungan masyarakat Kaltim.

“Kita agendakan penataan organisasi dan upgrading SDM. Kita akan gelar seminar pendidikan untuk ikut serta mencerdaskan bangsa di tengah pandemi. Dalam waktu dekat kita perlu melakukan silaturahim ke gubernur atau ke rekan-rekan DPRD,” tutup Sukri di penghujung rapat.

(Fran)

Sesuaikan Kebutuhan Pasar, Komisi IV DPRD Kaltim Dorong Sertivikasi Lulusan Vokasi

Menagih Komitmen Kontraktor Proyek BCM, Camat Bontang Selatan Ancam Hentikan Pembangunan