Pasangan Calon Jalur Perseorangan Diminta Tidak Kerahkan Masa Saat Virifikasi Faktual

SAMARINDA – Tahapan Pilkada kota Samarinda terus berjalan, meski sekarang penyebaran Covid6 terus meningkat.

Pada tanggal 21 Juni, KPU Samarinda akan lakukan verifikasi faktual pasangan calon jalur perseorangan atau independen.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda, Firman Hidayat mengatakan pihaknya dengan sangat berhati-hati dalam agenda verifikasi dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Yang akan kami lakukan adalah membatasi orang, membatasi peserta yang akan hadir didalam ruangan,” kata Firman di Hotel Aston, Jumat (17/7/2020).

KPU kata Firman, belum merumuskan tempat digelarnya verifikasi nantinya. Namun dirinya berharap, dalam giat itu, semua pihak bisa berkomunikasi dengan nyaman meskipun jarak berjauhan.

“Setidaknya satu meter y, yang pasti kami akan batasi itu,”ungkapnya.

Dirinya juga menghimbau agar pasangan calon tidak membawa simpatisan dan pendukungnya dalam jumlah banyak. Karena kondisi ruangan akan dibatasi.

Demikian juga kehadiran insan pers bisa menyesuaikan. Pihaknya tidak mau membatasi ruang gerak media, tetapi ia minta semua pihak berhati-hati demikian dengan perhatikan protokol kesehatan.

“Ketika ada pengerahan masa maka itu yang menjadi pusat perhatian kami, maka kami akan bersurat kepada pasangan calon untuk tidak membawa masa dalam jumlah banyak,” urai Firman.

(Fran)

kpukukarads